Saturday 15 January 2011

14 cara memperpanjang umur laptop/notebook


pada kali ini saya akan membahas tentang beberapa tips untuk memperpanjang umur notebook atau laptop anda jadi marai kita simak bersama
1. pilih merek yang tepat. Merek tentu saja akan sangat berpengaruh pada kualitas umur suatu notebook. Karena meski teknologi yang digunakan sama akan tetapi bahan pembuatnya berbeda jadi kalo notebook sama sama dari casing plastic tentu kualitas plastiknya berbeda. Saya rasa para pembaca sudah dapat merasakan hal ini. Terutama jika ada suatu mareran dan kita dapan mencoba beberapa merek tentu dari bahan casing yang di gunakan akan berbeda kualitas dan tampilanya. Dari situ kita dapat samakan dengan bahan yang menyusun komponen sautu notebook. Semakin baik bahan semakin lama umur suatu notebook untuk di pakai. Tentunya juga akan berpengauh pada harga yang berbeda.
2. pakai stabilisator voltase. Ini penting karena komponen notebook sangat sensitive terhadap naik turun voltase listrik. Jika listrik di rumah anda sering naik turun makan pakailah stabilisator ini. Dan juga jika ada pergi keluar rumah hendaknya pakai baterai saja kita anda tahu bahwa di daerah itu listriknya juga suka naik turun biasa listrik di indonesai masih di perbaiki kualitasnya
3. Melakukan Defrag System Proses Defrag akan mempercepat waktu baca hard disk. Hal ini akan membuat hard disk bekerja dengan lebih efisien dan Anda dapat membuka aplikasi dengan lebih cepat. Dan juga akan memperpanjang umur harddisk notebook anda
4. Menurunkan Kontras Menurunkan kontras layar notebook akan mempengaruhi daya tahan hidup. Anda dapat menurunkan pada setting yang masih nyaman di mata, Biasanya, konfigurasi kontras layar ini sudah ada dalam setting Power Management. Namun, bila Anda kurang nyaman, Anda dapat menaikkan kontras beberapa level.


5. Matikan Proses/Program yang berjalan di background.
Semakin banyak proses/program yang berjalan di background, semakin cepat pula baterai terpakai. Untuk itu, lebih baik matikan saja aplikasi yang berjalan di background. Anda dapat mematikan proses/program di background ini melalui “Run->msconfig” lalu pilih tab “startup”. Namum, pilihlah program yang akan dimatikan dengan bijak dan hati-hati.
6. Jangan Tinggalkan CD/DVD pada Optical Drive
Sering kali kita lupa untuk mengeluarkan CD dari optical drive. Hal ini akan membuat optical drive tetap memasok listrik untuk perangkat tersebut. Bahkan, notebook terkadang akan memutar optical drive tanpa kita suruh. Hal ini cukup mengurangi daya baterai. Dan juga akan memperpendek umur opticak driver.
7. Lepas Perangkat dari USB port
Walaupun hanya memakan daya kecil tetap saja, perangkat yang terkoneksi pada USB port ( Flash disk, USB hard drive, dan sebagainya ) akan mengurangi daya tahan hidup notebook Anda. Cabut bila perangkat tersebut tidak lagi Anda gunakan.
8. Matikan Feature Konektivitas yang Tidak Perlu
Matikan konektivitas Wi-Fi ataupun Bluetooth bila Anda sedang tidak memerlukannya. Perangkat ini akan terus menerus mengirim sinyal yang dapat menguras daya tahan baterai. Misalnya Anda hanya memerlukan Wi-Fi, maka bluetooth bisa Anda matikan.
9. Pilih Mode Hibernate, bukan Standby
Bila notebook sedang tidak digunakan, akan lebih baik bila Anda masuk ke mode hibernate dibandingkan standby. Pada mode hibernate, seluruh perangkat akan dimatikan dan tidak memakan memerlukan arus listrik. Sedangkan pada mode Standby, arus listrik diperlukan. Dari segi kecepatan inisialisasi notebook, memang mode Standby lebih cepat. Namun, hal ini tidak sebanding dengan daya yang diperlukan bila ditinggal dalam waktu lama.
10. hindarkan baterai dari kondisi panas. Baterai bias menjadi panas karena beberapa hal seperti penggunakan notebook pada kondisi suhu udara yang panas lalu memakan notebook sambil di cas sampai pada penggunakan untuk software yang berat juga akan membuat kondisi baterai panas ini juga akan memperpendek umur baterai notebook.
11. simpan notebook pada tempat yang sesuai. Saat menyimpan notebook perhatikan suhu ruangan, kelembapan dan stabilitasnya juadi ruangan sebaiknya suhu normal dan kelembapan minimal. Dan juga stabilitasnya jangan sampai notebook anda gampang terjaduh dari tempatnya. Dan juga posisikan pada posisi mendatar dengan bagian bawah notebook tetap berada di bawah. Jangan sebaliknya. Dan juga jangan meletakkan benda apapun di atas notebook. Perhatikan atas tempat notebook jangan sampai tertimpa sesuatu dari atas itu akan merusak notebook anda.jangan sampai kayak gini "layarku kena lem alteco"
12. gunakan ups jika menyalakan notebook tanpa baterai. Menyalakan notebook tanpa baterai saya rasa wajar saja. Kan tetapi jika kemudian listrik mati mendadak akan dapat menghapus data yang anda kerjakan juga kan merusak komponon notebook terutama harddisk.
13. jaga aliran udara notebook. Notebook sangat butuh airan udara yang baik. Debu yang berada di dalan notebook akan mempengaruhi aliran udara ini. Jadi jaga kebersuhan lingkuangan penggunaan notebook. Jangan gunakan notebook pada permukaan yang lembut seperti sofa itu juga akan menghambat alira udara. Gunakan kipas portable jika perlu untu menjaga aliran udara tetap baik.
14. bawa notebook dengan tas khusus. Ini penting untuk menjada dari penturan cipratan air, debu dan juga goresan. Jadi sangat penting untuk memilihkan tas untuk laptop anda dan juga bisa makin tampil gaya bukan?
Sekian tips dari kami mungkin bisa membantu menjaga kondisi notebook anda dalam keadaan prima dan awet muda tentunya

No comments: